Tips Cara Memilih Komputer Bekas Yang Masih Bagus

Cara Memilih Komputer Bekas Yang Masih BagusJika anda ingin tahu Cara Memilih Komputer Bekas Yang Masih Bagus saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara memilih komputer bekas namun kualitas masih 80 % . Sebelum mengungkap lebih jauh ada baik nya mengapa harus pakai bekas jika ada komputer baru .

Harga komputer bekas tentu lebih murah dibanding dengan komputer baru oleh karena itu dari segi biaya lebih irit dan yang pastinya anda bisa memilih komputer dengan kapasitas lebih tinggi dari mulai ram, memory, prosessor dll .

Cara Memilih Komputer Bekas Yang Masih Bagus pertama jangan dilihat dari segi luar nya saja karena bagian luar hanyalah cassing dan sebelum anda membelinya tanyakan kepada penjual nya bagaimana kelebihan serta kekurangan komputer bekas tersebut .

komputer-hp-workstation-xw4600-2

Lihat bagian dalam komputer dan setelah terbuka anda akan melihat bagaimana kualitas dari komputer tersebut jika anda kebetulan tidak tahu ajak orang yang memahami tentang komputer agar mengecek nya .

Komputer bekas memang komoditi yang tidak sembarang. Membeli komputer desktop setengah pakai tentu tidak dapat asal beli. Sebagai konsumen yang baik tentu kita tidak akan terjebak pada tawaran harga murah. Padalah, dalam membeli apapun, teliti dan jeli merupakan sikap yang harus dimiliki. Sebagai acuan, Anda dapat mengikuti acuan produk komputer bekas sebagai berikut:

  • Ketika kita membeli komputer second dari sebuah toko,tidak ada salahnya kita menanyakan apakan ada garansi tokonya,memang tidak ada standar berapa lama garansi untuk barang second bahkan mungkin memang tidak ada.Hanya biasanya toko yg baik minimal satu minggu mereka berikan untuk garansi hardware.kemudian tanyakan apakan mungkin kita untuk menjual kembali komputer pada toko ini atau melakukan tukar tambah dengan komputer lain,karena kita tau untuk harga elektronik selalu merosot dengan tajam.
  • Nyalakan komputer untuk lakukan pengecekan awal.Pertama cek pada monitor karena monitor salah satu bentuk output komputer untuk kenyamanan mata kita saat melakukan pekerjaan dengan komputer.Monitor yang baik biasanya dapat bertahan cukup lama,lima tahun bahkan lebih.Buka beberapa file gambar dengan warna-warna Kontras perhatikan apakan warna-warna yang ditampilkan masih cukup natural artinya tidak ada kelebihan atau kekurangan atau warna warna yang pudar.Cek seluruh tombol pengaturan pada monitor seperti apakan masih berfungsi baik.Matikan Monitor kemudian hidupkan beberapa kali,perhatikan ketika monitor saat dimatikan,monitor yang masih cukup baik ketika dimatikan langsung mati tidak meiniggalkan garis putih secara horizontal.ketika sedikit tampak garis putih maka pertimbangan dengan harga jualnya.
  • Kemudian beralih pada keyboard juga mouse pastikan seluruh tombol pada keyboard masih berfungsi dengan baik,begitu pula dengan mousenya.karena biasanya untuk semua port keyboard dan mouse menggunakan port USB maka sekalian saja cek seluruh Port USB yang ada pastikan selurunya masih berfungsi.Cek saja dengan mencopot mouse kemudian pindahkan ke port USB lainya.Jika ada Cek Port USB dengan Flash Disk Untuk memastikan Dapat digunakan untuk Transfer data dengan baik.Pastikan juga beberapa port output lain seperti Port RJ 45 untuk jaringan serta Port untuk audio semua masih berfungsi.
  • Biasanya standar PC desktop juga dilengakapi dengan CD Room,ada beberapa jenis CD Room,seperti CD Writter atau DVD Writter atau Combo.Lakukan pengecekan dengan menggunakan beberapa keping CD atau DVD sesuai dengan spesifikasi CD Roomnya,pastikan masih berfungsi dengan baik karena banyak program instalasi menggunakan CD untuk proses instalnya.
  • Membeli komputer Second Juga perlu sedikit pertimbangan apakan kita akan membeli jenis PC Builtup dengan merk-merk tertentu atau Jenis Komputer rakitan,masing-Masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Buka Casing CPU untuk Memastikan secara Hardware apa saja komponen yang tertanam Pada Moherboard,sekaligus kita bisa lihat kemungkinan dukungan Driver untuk masing-masing komponen.Satu kelebihan komputer Builtup adalah dukungan Driver pada situs Resminya sangat banyak tersedia,tanyakan pada penjual apakan ada backup driver sehingga tidak dapat menghemat waktu kita ketika kita ingin melakukan perbaikan komputer,kalaupun tidak ada tidak perlu khawatir karana ada cara mudah untuk melakukan instalasi Driver komputer.
  • Setelah ini Kita harus pastikan kapasitas seluruh komponen sesuai dengan Spek yang ditawarkan, seperti berapa besar speed Processor juga kapsitas HD,Memory dan VGA .Mengecek kapsitas secara fisik juga dapat kita lakukan hanya saja berati kita harus membongkar satu persatu untuk dapat melihat spesifikasinya.Cara mudahnya dapat kita lihat melalui sistem.Untuk kapasitas Processor,Memory,HD buka saja control panel kemudian Pilih System.selebihnya dapat kita lilhat melalui sistem dengan mengetikan perintah dxdiag pada Search Box.
  • Khusus untuk pengecekan hardisk secara fisik ketika sebuah hardisk sudah kurang begitu bagus atau secara fisik sudah terjadi penurunan kerjanya maka hardisk akan berbunyi seperti suara gemeretak sedikit berbunyi keras,matikan komputer kemudian hidupkan dengarkan suara hardisknya biasanya ketika terjadi kerusakan fisik hardisk suara gemeretaknya terdengar cukup keras.kerusakan ini tidak membuat harddisk rusak total hanya mengurangi performa dari harddisk.
  • Jika hardisk secara fisik baik tidak terdengar suara gemeretak maka lakukan test untuk mengistal sistem operasi dengan satu partisi saja,ini untuk memastikan bahwa kondisi harddisk memang benar-benar baik, untuk harddisk dengan banyak bad sector akan sulit melakukan instalasi dengan satu partisi.untuk menambah partisi harddisk dapat kita lakukan selanjutnya dengan mudah apalagi pada sistem operasi windows 7.
  • Untuk point terakhir dari 9 Tips Membeli Komputer Second adalah pastikan seluruh komponen Output pada komputer berjalan dengan baik yaitu audio Video.Tes dengan memutar beberapa lagu atau film,maikan beberapa game yang cukup berat jika ada untuk memastikan VGA beroperasi dengan baik.Lakukan juga tes burning CD jika memang sesuai dengan spek CR Room yang ditawarkan.

Dari beberapa penjelasan di atas semoga berguna buat pembaca semua khusus nya bagi anda yang ingin tahu Cara Memilih Komputer Bekas Yang Masih Bagus .