Cara Keluar Dari Hukuman Google Sandbox Gimana Cara nya Ya……?

Baru – baru ini saya membeli domain jasabacklink.org yang menurut saya telah terkena hukuman google sandbox dan mengapa saya berpikir demikian….? Biasanya google akan langsung mengindex sebuah situs yang telah di daftarkan ke Google webmaster tools namun setelah saya menunggu sekitar 3 hari jangankan kata kunci jasa backlink berkualitas muncul di pencarian google.co.id nama situs nya saja tidak muncul dan saya mencari tahu penyebab situs tidak terindex di search engine meskipun kita sudah melakukan sumite url .

Lalu saya coba baca artikel cara keluar dari hukuman google sandbox pada artikel blog http://www.websitekomputer.com/2014/08/cara-paling-ampuh-mengatasi-google-sandbox.html . Karena saya kurang mengetahui cara keluar dari hukuman google sandbox maka artikel ini saya ambil semoga ini dapat membantu blog yang terkena hukuman google sandbox .

Setelah sebelumnya Saya bahas mengenai pengertian Google Sandbox, maka sekarang Saya akan membahas bagaimana cara paling mudah untuk keluar dari penalty Google Sandbox atau yang biasa disebut dengan Sandbox Effect. Kenapa Saya beberapa hari ini memfokuskan membahas mengenai Google Sandbox? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan karena beberapa postingan Saya terkena penalty dari situs terbesar ini.
Ya memang harus sabar dalam menghadapi ini semua, awalnya sih kaget karena postingan blog yang awalnya bisa tampil pada posisi yang menguntungkan ternyata setelah beberapa hari tiba-tiba menghilang dari peredaran. What….ternyata setelah tanya kesana kemari dan browsing-browsing juga akhirnya ketahuan penyebabnya. “My blog is still in Google Sandbox“.

Ciri-Ciri Infeksi Google Sandbox

Sebelum memecahkan masalah mengenai sandbox effect ini, sangat baik sekali jika Anda mengetahui ciri-ciri blog yang terkena Google Sandbox. Berikut adalah beberapa cirinya :
  1. Artikel tampil pada posisi yang strategis pada awal-awal posting, bahkan punya Saya bisa menggusur artikel-artikel yang sudah lebih dulu ada dengan topik yang sama.
  2. Artikel tiba-tiba hilang dari pencarian Google seteleh beberapa hari posting artikel, bahkan hingga halaman ke 14 Saya masih belum menemukan artikel Saya dengan judul Smartphone android terbaik, entah sudah ada diposisi berapa artikel yang Saya tulis itu. Sebenarnya blog atau website Anda masih terindex oleh mesin pencari google, untuk memastikannya silahkan Anda cek menggunakan perintah site:http://namabloganda.com/ (jika seluruh blog Anda yang terkena sandbox effect) atau langsung menggunakan site:http://namabloganda.com/artikel-yang-terkena-effect-sandbox (jika hanya salah satu artikel blog Anda yang terkena sandbox effect).
  3. Cek artikel atau blog Anda menggunakan google sandbox and penalty checker tool yang sudah banyak bisa ditemukan di pencarian Google, seperti yang biasa Saya gunakan salah satu tool dari Search Engine Genie. Jika pada saat pengecekan ternyata menghasilkan tulisan seperti berikut “Your site is still in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox.” maka kemungkinan besar artikel atau blog Anda terkena sangsi dari google.

google-sandbox-checker-tool

Jika setelah Anda menekan tombol submit kemudian keluar tulisan seperti yang disebutkan diatas, maka ada kemungkinan besar blog atau artikel Anda masuk dalam kurungan pasir Google. Perhatikan gambar berikut ini.

hasil-pengecekan-google-sandbox

Jika Anda sudah mengetahui blog atau artikel mana yang terkena nah langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi Google Sandbox?. Baiklah mari Kita bahas agar pengetahuan Kita lebih bertambah mengenai Sandbox Effect.

Cara Mengatasi atau Keluar dari Google Sanbox

Berikut adalah beberapa langkah ampuh yang bisa Anda gunakan untuk keluar dari Google Penalty, dan ini juga Saya terapkan di beberapa artikel Saya yang terkena sanksi dari Google, ya maklum lagi semangat-semangatnya nulis, ye ternyata dianggap kegiatan spamming sama mbah google.
  1. Sebagian orang memutuskan untuk menghentikan optimasi agar bisa terlepas dari jeratan pasir google sandbox, tapi Saya dalam hal ini tetap melakukan optimasi, hanya saja optimasinya benar-benar bukan link farm, harus dari halaman yang mempunyai minimal PR1 syukur-syukur kalau bisa Dofollow. Artinya link yang Kita pasang bisa benar-benar berkualitas dan tidak dianggap sebagai proses spamming oleh mesin pencari.
  2. Update artikel seperti biasa secara berkala, pengalaman Saya sih beberapa artikel berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox, beberapa artikel lainnya tidak berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox.
  3. Membuat postingan tentang Google Sandbox dan membuat link ke artikel yang jadi pesakitan. Lihat gaya penulisan di artikel tentang Mengenal Google Sandbox, dimana saya memberikan juga outbound link yg berkualitas dari Wikipedia, Google dan Google Webmaster Guidelines, ini merupakan salah satu tips Kita dalam mendekati google agar supaya memaafkan tindakan-tindakan Anda yang dicurigainya sebagai Over Spam.
  4. Memodifikasi artikel yang terkena sandbox, tidak perlu semua yang penting agak berbeda dari sebelumnya, usahakan membuang beberapa keyword yang menjadi target Anda, sehingga tidak lagi dianggap sebagai upaya spam, dan jangan lupa untuk memberikan link ke google search baik search di Google.co.id maupun google.com.
  5. Mencari backlink dari halaman yang mempunyai PR minimal 1. Tips : PR tiap halaman berbeda lho, jangan terpaku dengan PR di sidebar karena itu adalah PR untuk Homepage saja.
  6. Submit ulang sitemap blog untuk menarik perhatian mbah google.
  7. Melakukan Reconsideration Request di Google Webmaster.
  8. Lakukan Ping blog sewajarnya jangan terlalu sering, melakukan ping blog terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan blog atau website Anda.
  9. Dan terakhir, Tunggu hingga keadaan menjadi normal kembali setelah itu bangun kembali Backlink yang lebih berkualitas dan tetap keep calm.
Mungkin cukup sekian tentang penjelasan dari Cara Mengatasi Google sandbox, Jika Anda memiliki pengalaman yang berbeda dan cara keluar dari kungkungan sandbox yang berbeda, silahkan gunakan kolom komentar untuk melengkapi postingan diatas. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.
Iklan